5 Aturan Dasar Meresensi Karya Seseorang ala JOHN UPDIKE

FIKSI LOTUS

next-publishing

1. Cobalah mengerti pesan apa yang ingin disampaikan si penulis, dan jangan salahkan penulis karena tidak mencapai sesuatu yang memang sejak awal tidak jadi tujuannya.

2. Berikan cukup ruang untuk memuat kutipan langsung dari karya yang diresensi—setidaknya satu paragraf pendek—agar pembaca resensi dapat membentuk pendapat mereka sendiri dan menentukan apa yang mereka suka atau tidak suka.

3. Selaraskan penjabaran Anda terhadap karya yang diresensi dengan kutipan langsung dari dalam karya itu, meskipun hanya satu frasa saja. Hal ini lebih baik daripada Anda menyuguhkan rangkuman yang tak jelas.

4. Jangan menceritakan seisi karya yang Anda resensi hingga pembaca tak lagi tertarik untuk membaca karya tersebut. Berikan sedikit bocoran plot, tapi jangan sampai ending-nya bisa ditebak. (Saya sering merasa kaget, sekaligus marah, saat mendapati para reviewer membocorkan jalan cerita buku saya dalam hasil resensi mereka! Ironisnya, satu-satunya pembaca yang hendak diraih penulis, pembaca yang masih penasaran terhadap isi buku, adalah…

View original post 82 more words

Leave a comment